BAKSO SAPI OPLOSAN BABI

 

Lihat semangkok bakso pada gambar di samping! basoWooow lezat bangeeeeet. Di santap pas siang-siang, minumnya sama es teler atau es campur atau es jeruk dingin, Hmmmmm…

Usaha dagang bakso adalah usaha yang sangat menguntungkan. Siapa sich yang nggak suka bakso? yang jelas, masyarakat banyak yang suka dan segmennya adalah segala umur dan segala level strata masyarakat. (Presiden SBY kayaknya suka bakso juga kali ya, atau mungkin Presiden US, Barrack Obama)

membedakan baso babiMinggu-mingu terakhir ini, merebak isyu adanya “bakso daging babi dioplos daging babi”. Isyu ini diblow up juga oleh sebuah stasiun TV dalam bentuk acara INVESTIGASI. Jadilah, sebuah kegalauan PUBLIK yang cukup serius.

Seriusnya di mana sih???? Jelas serius banget, bro. Di Indonesia ini, khususnya kawasan JABODETABEK yang hampir 85% penduduknya menganut agama ISLAM!!!

Dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 173, Allah SWT berfirman:

albaqarah 173

Artinya:

Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. (QS. Al-Baqarah: 173)

Allah SWT dalam ayat Al-Qur’an di atas, dengan sangat jelas mengharamkan daging babi. Larangan memakan daging babi, juga diwahyukan dalam ayat-ayat lainnya, yaitu pada: QS. al-Maa’idah: 3, QS. al-An’aam: 145, dan QS. An-Nahl: 115.

Dalam kitab Shahih Bukhari pada Bab Jual Beli Bangkai dan Patung, no. hadits: 2082 diriwayatkan sebagai berikut:

hadits 2082

Artinya:

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah telah menceritakan kepada kami Al Laits dari Yazid bin Abi Habib dari ‘Atho’ bin Abi Rabah dari Jabir bin ‘Abdullah radliallahu ‘anhu bahwasanya dia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda ketika Hari Penaklukan saat Beliau di Makkah: “Allah dan RasulNya telah mengharamkan khamar, bangkai, babi dan patung-patung”. Ada yang bertanya: “Wahai Rasulullah, bagaimana dengan lemak dari bangkai (sapi dan kambing) karena bisa dimanfaatkan untuk memoles sarung pedang atau meminyaki kulit-kulit dan sebagai bahan minyak untuk penerangan bagi manusia?. Beliau bersabda: “Tidak, dia tetap haram”. Kemudian saat itu juga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Semoga Allah melaknat Yahudi, karena ketika Allah mengharamkan lemak hewan (sapi dan kambing) mereka mencairkannya lalu memperjual belikannya dan memakan uang jual belinya”. Berkata, Abu ‘Ashim telah menceritakan kepada kami ‘Abdul Hamid telah menceritakan kepada kami Yazid; ‘Atho’ menulis surat kepadaku yang katanya dia mendengar Jabir radliallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

Bagi pemeluk agama Islam, jadi jelas banget hukumnya tentang Babi, konsumsi daging babi termasuk oplosannya. Termasuk memperjual belikannya, loh bro!!! (lihat hadits di atas)

Trus gimana neh sikap kita, sebagai konsumen yang penganut agama Islam? Harus bersikap ekstrim dengan memboikot para penjual bakso dengan tidak makan bakso gitu? Percaya begitu saja dengan apa yang DIINVESTIGASI dan DITAYANGKAN oleh Stasiun-stasiun TV atau Mass Media?

Kalo diboikot dengan tidak makan bakso, walaaah para abang-abang atau mas-mas penjual bakso akan mengalami resesi ekonomi coz omzetnya berkurang. Secara, nggak semua pelaku / produsen Bakso melakukan hal sekeji ini. Berprasangka baik aja deh dengan tukang-tukang bakso di sekitar kita yang juga beragama Islam (kalo non Islam, saya nggak tau dan nggak bisa jamin deh).

Saya pribadi terus terang agak-agak curiga dengan Stasiun TV dengan program-program INVESTIGASI. Poin-poin kecurigaan saya adalah sebagai berikut:

  1. Produk-produk yang diinvestigasi kebanyakan adalah produk-produk industri menengah ke bawah (bakso, cireng, ayam tiren, daging oplosan, waaah banyak lagi). Produk kerakyatan lah istilahnya, (kerakyatan = produk orang susah).
  2. Investigasi berkesan pelakunya adalah rakyat kebanyakan yang cuma mo untung gede. Ada pencitraan negatif buat rakyat Indonesia kebanyakan. Tujuannya adalah pembentukan dan penggiringan persepsi berkonsumsi bahwa konsumsi produk  yang berkualitas, aman dan terjamin adalah mesti berlabel dari sebuah produsen mapan dengan lembaga justifikasi mapan. Cost produksi jelas akan tinggi yang akan berefek pada bergesernya para pelaku ekonomi dan masuknya para kapitalis-kapitalis menjadi produsen. (Kasusnya seperti PLN yang membeli listrik dari perusahaan-perusahan lain (ini penghianatan besar-besaran dari UUD 1945)).
  3. Program INVESTIGASI bisa saya nilai bisa menjadi sebuah kejahatan, sebuah skenario fitnah yang akan menguntungkan pihak-pihak tertentu secara ekonomis. 

Sehabis arisan guru, saya mengajak istri dan anak makan bakso di warung Bakso langganan. Dari pemantauan, yang makan bakso masih banyak. Terlihat dari warung yang penuh oleh orang yang juga memesan bakso. Ya deh, saya percaya dengan MAS TUKANG BAKSO, baksonya bikin sendiri sich. Jadi nggak dioplos daging babi, tapi dioplos sama telur ayam hahahahaha (BAKSO TELOR).

Posted on Desember 24, 2012, in Agama Islam. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: