GOLOK

Golok adalah pisau besar dan berat yang digunakan sebagai alat berkebun sekaligus senjata yang jamak ditemui di Asia Tenggara. Hingga saat ini kita juga bisa melihat golok digunakan sebagai senjata dalam silat.

220px-golokUkuran, berat, dan bentuknya bervariasi tergantung dari pandai besi yang membuatnya. Golok memiliki bentuk yang hampir serupa dengan machete tetapi golok cenderung lebih pendek dan lebih berat, dan sering digunakan untuk memotong semak dan dahan pohon. Golok biasanya dibuat dari besi baja karbon yang lebih lunak daripada pisau besar lainnya di dunia. Ini membuatnya mudah untuk diasah tetapi membutuhkan pengasahan yang lebih sering. Golok adalah senjata tradisional khas etnis Betawi.

 

GOLOK PUSAKA

1. Golok Betok

golok-betokSenjata etnis Betawi yang masyhur adalah Golok Betoknya yang berumur 800 tahun. Sebagai sebuah senjata pusaka, keberadaan Golok Betok merupakan fase awal asal muasal senjata dalam sejarah nusantara. Bahkan, sebelum senjata khas Jawa Barat kujang ada, Golok Betok sudah ada konsepnya terlebih dahulu. Namun, karena Kerajaan Padjajaran memohon kepada Sang Empu agar dibuatkan secepatnya sebuah senjata bernama kujang, pembuatan Golok Betok menjadi tertunda.

Golok betok tak jauh beda dengan golok umumnya, hanya saja golok ini terlihat gemuk dan sedikit lebih pendek/bantet. Golok ini terbuat dari baja hitam dengan gagang kayu hitam juga yang nampaknya seperti ikan betok.

 

Bersambung…..

 

Sumber:

1. http://id.wikipedia.org/wiki/Golok

2. http://metro.vivanews.com/news/read/142913-golok_betok_betawi_berusia_800_tahun

3. http://www.harisahmad.com/golok-betok-pusaka-asli-betawi/

 

Posted on November 18, 2011, in senjata pusaka. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: